Untuk mendapatkan informasi Agen di kota Anda, silahkan SMS ke 081313534388

Rabu, 24 November 2010

Mengenal Kanker Dan Tumor

Share on :

Kanker adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel2 jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel2 kanker akan terus membelah diri terlepas dari pengendalian pertumbuhan, dan tidak lagi menuruti hukum2 pembiakan. Bila Pertumbuhan ini tidak cepat dihentikan dan diobati, maka sel kanker akan berkembang terus. Sel Kanker akan tumbuh menyusup ke jaringan sekitarnya (invasif), lalu membuat anak sebar (metastatis) ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Selanjutnya, akan tumbuh kanker baru ditempat lain sampai akhirnya menyebabkan kematian penderitanya.

Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri saat dibutuhkan oleh tubuh seperti mengganti sel sel tubuh yang rusak atau mati. Sebaliknya, pada kasus kanker, sel terus membelah diri walau tanpa ada kebutuhan, sehingga terjadilah kelebihan sel2 baru. Kanker dapat tumbuh disemua sel jaringan tubuh, seperti sel kulit, sel hati, sel darah, sel otak, sel lambung, sel usus, sel paru, sel saluran kencing dan berbagai macam sel tubuh lainnya. Oleh karena itu dikenalah beraneka macam jenis kanker menurut sel asal jaringan tempat tumbuhnya. Keadaan inilah yang menyebabkan adanya perbedaan kecepatan tumbuhnya dan reaksi terhadap pengobatannya.


Telah dikenal beberapa jenis kanker seperti karsinoma, sarkoma, limfoma (neo plasma sistem limfatik) atau leukemia (neo plasma ganas sel darah putih). Karsinoma merupakan tumor ganas yang berasal dari sel epitel, misalnya kanker payudara, kanker kulit dan kanker lambung. Adapun sarkoma merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan mesodermal, misalnya fibrasarkoma (tumor ganas jaringan ikat), limfosarkoma (tumor ganas sistem limfatik) dan osteosarkoma (tumor ganas pada tulang).

Penyakit kanker tidak pandang bulu, dapat menyerang siapa saja semua golongan usia.  Meski kanker sama sekali tidak menular, tetapi ada faktor penyebab yang dapat ditularkan, misalnya virus hepatitis B dan C. Kedua virus tersebut menular dan diketahui bisa menyebabkan kanker hati. Beberapa tipe kanker juga dapat diturunkan karena adanya mutasi dari gen spesifik yang akan diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Kejadian tersebut bisa terlihat pada penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker kolon dan melanoma. Adanya mutasi dari 2gen yang spesifik pada kanker payudara, yaitu BRCA-1 dan BRCA-2 dapat dicari pada DNA darah manusia. Dari test ini dapat diketahui adanya kemungkinan seorang perempuan bisa terkena kanker payudara pada usia yang lebih dini yaitu sebelum berumur 40tahun.

Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk segala pembengkakan atau benjolan yang disebabkan oleh apapun, baik pertumbuhan jaringan baru ataupun adanya pengumpulan cairan seperti kista atau benjolan yang berisi darah akibat benturan. Namun Istilah tumor umumnya digunakan untuk menyatakan adanya benjolan yang disebabkan olh pertumbuhan jaringan baru, tetapi bukan radang.

Oleh karena itu dikenal istilah tumor jinak (benigna, benign) dan tumor ganas (maligna, malignt) yang berarti kanker. Tumor jinak tumbuhnya lambat, setempat (lokal), tidak menyebar kebagian lain dari tubuh serta jarang mengganggu kesehatan..

Ikuti Terus >>> Segera menyusul : FAKTOR2 PENYEBAB KANKER (KARSINOGEN) 

Ditulis Oleh : Muhammad Yusuf | Website Distributor Jahe Merah Karomah | Marketing Online

Artikel Mengenal Kanker Dan Tumor ini diposting oleh Muhammad Yusuf pada hari Rabu, 24 November 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Muhammad Yusuf